Pengertian Meta Tag



Menurut Wikipedia, Meta adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai penyampai informasi metadata dari sebuah halaman web. Elemen meta ini harus diletakkan pada bagian “head” dalam HTML tersebut.

Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword) yang terkait serta untuk metadata lain tanpa “head”.

 Beberapa macam meta tag, diantaranya : 


1.       Meta Tag Title
Tips yang harus sobat lakukan adalah menulis title supaya blog akan diketahui, dimana dari title tesebut merupakan tanda pengenal blog temukan code html meta tag pada bawaan blogger ganti dengan meta tag kayak punya saya, dengan demikian blog akan Super SEO Friendly.

2.       Meta Keyword
Meta Keywords (Bahasa Indonesia : Kata kunci) adalah elemen atau tag html/xhtml yang diciptakan sebagai penjelas isi dari halaman web melalui beberapa kata atau frasa. Seiring perkembangan jaman, jumlah penggunaan meta tag keywords telah dibatasi. Seperti google yang menganggap "spam" penggunaan elemen kata kuci dengan jumlah diatas 7 kata.

3.       Meta Description
Meta Description dalam bahasa Indonesia disebut penjelasan adalah salah satu elemen html atau xhtml yang memiliki fungsi memberikan garis besar isi halaman web. Penggunaan tag ini berbeda dengan tag keywords yaitu bukan menggunakan kata melainkan kalimat.

4.       Meta Tag Rating
Dalam hal ini ranting webblog anda bisa dibuka oleh beberapa tingkatan ketentuan terlebih web yang berbau porno dan memuat konten berbau sex, menurut saya gunakanlah ranting yang dah digunakan secara komersial meliputi segala umur, matur atau ranting dewasa, dan khusus empat belas tahun keatas.

5.       Meta Tag Copyright
Tag bermeta copyright pada tag tersebut memberikan rincian kepada mesin pencari mengenai hak cipta dari sebuah website.

6.       Meta Tag Author
Meta tag Author memberiakan rinciaan siapa pengelola webblog kepada mesin pencari.

7.       Meta Tag Distribution
Meta Tag Distribution memberikan penjelasan mengenai tentang apakah web anda besifat lokal, religion, maupun bersifat internal.

8.       Meta Tag Robots
Meta Tag Robots meberikan penjelasan secara detail untuk robot mesin pencari yang akan menemukan halaman sebuah webblog apakah web anda mampu merikan backlink atau tidak no follow.

9.       Meta Tag Language
Meta Tag Language medefenisikan bahasa yang digunkan pada webblog anda.

10.   Meta Tag Geo Country
Geo Country adalah negara atau daerah asal.

11.   Meta Tag Geo Placename
Meta Tag Geo Placename hanya memiliki sedikit perbedaan dari Geo Country.

12.   Meta Tag Expires
Tag expires adalah Masa tenggang waktu yang akan tampil dimesin pencari apakah blog anda memiliki masa tenggang atau sama sekali gak mempunyai batasan sama sekali.

13.   Meta Tag Revisit After
Meta Tag Revisit After adalah memberikan penjelasan kapan webblog anda akan terindeks kembali di mesin pencari.

14.   Meta Tag Target
Meta Tag Target lebih menekankan pada arah pengindeksan webblog anda.

15.   Meta Tag Spiders BOT
Meta Tag Spiders BOT akan memberi penjelasan hak bot mengakses postingan weblog.


Dikutip dari berbagai sumber,
Tulisan ini diajukan untuk tugas Jurnalistik Online.
(Agina Puspanurani/ 12010405004/ Jurnalistik VI-A)

Related Post



Posting Komentar