Konsep Internet


Perkembangan teknologi dan komunikasi semakin pesat, kehadiran internet menjadi salah satu wujud perkembangan teknologi dan komunikasi. Kehidupan manusia modern hari ini seolah tidak lepas dari kebutuhan akan internet. Bagi manusia modern yang memiliki berbagai kesibukan, tentu internet menjadi bagian dari kebutuhan primer karena mempermudah jaringan komunikasi.


Internet dapat diartikan sebagai  jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
ilustrasi dari google
 
Website adalah sebuah tempat yang memungkinkan seseorang menyatakan dirinya, hobinya, pengetahuannya, produk yang dijualnya dan apapun juga yang dapat diakomodasikan oleh teks, tulisan, gambar, video, animasi dan file multimedia lainnya.  Minimal website dapat dijadikan sebagai brosur elektronik yang dapat diakses dari seluruh dunia selama 24 jam.

Website biasanya terdiri dari beberapa halaman dimana berisi tulisan, image, video dll. Sedangkan webpage sendiri bermakna halaman web dalam terjemahan Indonesianya. Jadi webpage adalah isi dari beberapa halaman atau tulisan dari sebuah situs website tersebut.

Search engine atau mesin pencari secara sederhana adalah sebuah program yang di buat untuk mempermudah seseorang pengguna dalam mencari sebuah informasi tertentu. Adanya seacrh engine akan mempermudah seorang pengguna baik itu layanan internet atau komputer  untuk menemukan sebuah data atau informasi yang sedang di carinya.

Keakuratan sebuah mesin pencari dalam menyajikan data dan informasi dapat menjadi tolak ukur kualitas sebuah mesin pencari. Semakin tinggi keakuratan data yang disajikan maka pengguna akan merasa puas sehingga pengguna akan kembali menggunakan mesin pencari itu nanti.[]

Diajukan untuk matakuliah Jurnalistik Online.
(Agina Puspanurani/ Jurnalistik VI A)

Related Post



Posting Komentar