Menyusun Judul Berita Yang Menarik


Kemampuan jurnalis dapat dilihat dari keterampilannya dalam meramu berbagai informasi menjadi satu berita yang utuh. Menurut Bill Kovach dan Tom Resenstiel dalam bukunya Sembilan Elemen Jurnalistik, tugas utama seorang jurnalis adalah menyampaikan kebenaran. Namun selain menyampaikan kebenaran, jurnalis pun dituntut untuk pandai merangkai serta menyusun informasi-informasi yang diperolehnya menjadi sebuah berita yang menarik dan enak dibaca.

Kendala yang banyak ditemui, terutama bagi jurnalis pemula adalah menyusun judul berita yang menarik. Menarik yang dimaksud adalah mampu membuat pembaca penasaran dan ingin membaca sampai akhir. Disinilah perlu adanya eye catching yang menjadi daya tarik dari sebuah judul berita.


Aturan tentang menyusun judul berita yang menarik ini, berlaku di seluruh media massa mulai dari cetak, elektronik sampai online. Aturan baku untuk membuat judul yang menarik diantaranya :
  • Judul adalah kalimat lengkap yang terdiri dari subjek dan predikat. Artinya, sebuah judul berita harus menggambarkan isi dari berita yang hendak diinformasikan.
  • Judul berita padat, ringkas dan pendek. Judul berita maksimal terdiri dari delapan suku kata. Idealnya, lebih ringkas sebuah judul berita maka lebih efektif.
  • Judul berita bukan sekedar rangkaian kata saja, tetapi harus menggambarkan isi dari berita. Sehingga pembaca/pemirsa/pendengar langsung memahami apa yang hendak diinformasikan.
  • Judul berita harus mudah dipahami oleh berbagai khalayak. Karena pembaca/pemirsa/pendengar media massa bersifat heterogen dan anonim. Sehingga pesan harus mampu dipahami oleh berbagai kalangan.
  • Judul berita menggunakan kata-kata sederhana. Hal ini pun berkaitan dengan khalayak yang berasal dari berbagai latar belakang.
  • Judul berita sebisa mungkin harus menghindari kata tanya atau tanda tanya. Hal ini guna memperjelas informasi yang akan diberitakan. Mencegah terjadinya pemahaman khalayak yang ambigu.
Demikian tulisan mengenai proses menulis judul yang menarik. Semoga dapat diaplikasikan oleh para pembaca. Terimakasih telah berkunjung.[]

Diajukan untuk memenuhi tugas Jurnalistik Online.
(Agina Puspanurani/ Jurnalistik VI-A)

Related Post



Posting Komentar