Menggali Manfaat Blogging


Dunia cyber semakin hari terus berkembang dengan cepat. Kehadiran internet sejak era 70-an (di Barat)  telah membawa banyak perubahan bagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di dunia. Internet baru masuk ke Indonesia pada tahun 1990-an ketika mulai beroperasi IndoNet. Akses internet menggunakan dial-up oleh IndoNet.

Sejak itu, perkembangan dunia internet semakin pesat bahkan memberikan berbagai manfaat bagi penggunanya. Meskipun masih banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan internet hanya untuk facebook, twitter maupun media sosial lainnya. Diantara banyaknya media sosial yang ada, blog termasuk salah satu yang selalu digunakan dalam berselancar di dunia cyber.


ilustrasi dari google
Blog muncul dan berkembang sejak akhir 1990-an, pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com milik PyraLab, sebelum PyraLab diakusisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002. Sejak itu, terdapat banyak aplikasi yang bersifat sumber terbuka (open source) yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog.[1]

Blog adalah singkatan dari web log, yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum[2]. Blog disebut sebagai catatan harian online yang berisi tulisan informal tentang pemikiran atau agagasan sang blogger mengenai suatu masalah. Lebih tepatnya, blog merupakan situs pribadi tentang pemiliknya tentang berbagai hal.

Dewasa ini, blog tidak lagi hanya berupa catatan harian saja. Banyak orang telah merasakan manfaat kehadiran blog. Selain sebagai sarana networking, blog banyak dimanfaatkan untuk ajang bisnis online. Adapun manfaat dari blogging, diantaranya :
  • Sharing (Berbagi)
Menjadi blogger dapat membuka pemikiran kita mengenai sebuah isu atau permasalahan yang sedang terjadi. Banyak berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, akan memperkaya pemikiran serta wawasan kita. Artinya, melalui blog kita diajak untuk dapat bertukar-pikiran dengan orang-orang dari berbagai kalangan. Sehingga pemikiran kita lebih terbuka dan tidak cenderung pada satu pihak.

Banyak hal yang bisa dibagi melalui blog, selain berbagi pemikiran, blog juga mengajak para penggunanya untuk sharing informasi, pengalaman, bahkan ilmu yang dimilikinya. Memiliki dan berinteraksi melalui blog tidak akan merugikan sang pengguna.

  • Self Expression (Sumber kebahagiaan)
Setiap penulis memiliki kepuasan tersendiri ketika tulisannya dinikmati banyak orang. Sama halnya dengan penulis, blogger pun memiliki kepuasan tersendiri ketika tulisannya banyak diapresiasi. Dan kepuasan seperti ini tidak bisa dibeli dengan rupiah. Kepuasan yang berwujud menjadi sumber kebahagiaan ini pasti selalu dirasakan oleh sang blogger ketika posting­-an nya banyak dibaca orang. Inilah mengapa blogging menjadi sumber kebahagiaan bagi penggunanya.

  • Networking & Friendship
Blog memberikan kesempatan bagi semua orang di seluruh penjuru dunia untuk dapat saling berhubungan dan menjalin persahabatan antar benua. Melalui blog, jaringan yang kita miliki terbuka dengan seluas-luasnya bahkan kita dapat berinteraksi dengan orang-orang yang berada jutaan kilometer dari tempat kita. Adanya jaringan serta persahabatan melalui dunia maya memudahkan kita untuk mengakses dunia nyata. Karena memiliki koneksi yang luas, sehingga kita tidak perlu khawatir ketika berkunjung ke suatu tempat karena memiliki kenalan yang terjalin melalui blog.

  • Bisnis Online
Tidak bisa dipungkiri bahwa blogging menjanjikan rupiah yang menggiurkan. Blog banyak dimanfaatkan untuk mendulang dollar dengan syarat tertentu. Maka bukan hal yang asing, bila banyak iklan yang menyatakan “Ibu rumah tangga menghasilkan 50 juta per bulan” atau bentuk iklan lainnya. Hal itu sangat mungkin terjadi. Itu sebabnya blog dimanfaatkan sebagai bisnis online yang menjanjikan bagi penggunanya.

Blogging is Making Money
Seperti yang telah disebutkan, bahwa nge-blogg dapat menghasilkan uang. Alasannya sederhana saja, dengan blog jaringan yang bisa dijangkau lebih luas. Berbeda dengan facebook atau twitter yang hanya bisa di akses oleh orang yang sudah berteman saja. Sementara orang lain yang belum masuk pertemanan di akun kita tentu tidak dapat melihat.

Seluruh postingan dalam blog terdokumentasikan dengan baik. Bahkan sampai bertahun-tahun lamanya, data dalam blog tetap abadi dan tidak terhapus. Hal ini dikarenakan blog memiliki sistem penyimpanan data yang khusus dan tidak akan pernah penuh sampai kapan pun. Dan dapat dilihat kembali jika sewaktu-waktu kita memanggilnya.

Hanya dengan menggunakan keyword tertentu, jika hendak memanggilnya kembali akan mudah dilakukan. Terutama karena data-data dalam blog teindeks-kan oleh mesin pencarian sehingga mudah diakses oleh siapapun.

Jadi, masih meragukan manfaat dari blogging?  Let's blogging .... !
***

Tulisan ini diajukan untuk tugas Jurnalistik Online.
(Agina Puspanurani/ 12010405004/ Jurnalistik VI-A)

Catt : silahkan copy-paste tulisan ini dengan cara sebutkan sumbernya, terimakasih banyak :)


[1] Asep Syamsul M. Romli, 2012, Jurnalistik Online , Bandung : NUANSA CENDEKIA. (h. 86)
[2] Asep Syamsul M. Romli, 2012, Jurnalistik Online , Bandung : NUANSA CENDEKIA. (h. 84)

Related Post



Posting Komentar