Kredibilitas Citizen Journalism

Media online adalah gambaran media massa di masa depan. Perkembangannya yang semakin canggih mendorong banyak khalayak untuk ikut terlibat dalam gempitanya Era New Media. Hadirnya ruang publik berupa new media turut memberikan warna baru dalam dunia jurnalistik, salah satunya ditandai dengan Citizen Journalism.

Citizen Journalism adalah praktik jurnalistik yang dilakukan oleh orang biasa bukan wartawan profesional yang bekerja di sebuah media.[1] Media ciziten journalism yang banyak digunakan berupa blog dan media sosial. Dewasa ini, banyak bermunculan blogger-blogger dari berbagai latar belakang. Para blogger tersebut hadir dari profesi yang beragam. Mulai dari pejabat daerah, pelajar, penulis, mahasiswa, pengajar, aktor/aktris, seniman sampai warga biasa tanpa keahlian apapun turut andil melalui blog.
 
ilustrasi dari google
Sebut saja website kompasiana.com, salah satu website yang menjadi wadah bagi para blogger untuk menuangkan keluh-kesahnya terhadap situasi dan kondisi negera atau lingkungan sekitarnya. Tidak hanya sebatas keluh-kesah, namun peristiwa yang layak diketahui oleh publik turut meramaikan informasi-informasi yang hadir di website tersebut. Hadirnya ruang citizen journalism, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk lebih peka terhadap lingkungannya dan segera menyebarluaskan melalui akun website atau media sosial miliknya.

Kehadiran citizen journalism memang menyajikan informasi yang beragam mengenai satu topik berita atau permasalahan. Namun, ditengah semakin maraknya citizen journalism dan semakin banyaknya warga masyarakat yang ikut terlibat seolah mengundang banyak tanya : Bagaimana kredibilitas dari informasi tersebut?. Dapatkah dipertanggungjawabkan?.

Sampai saat ini, perdebatan mengenai kredibilitas citizen journalism masih banyak dipertentangkan. Hal ini dikarenakan citizen journalism riskan dengan informasi yang kurang akurat akibat tidak adanya verifikasi terhadap informasi yang telah didapatkan.***

Tulisan ini diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Jurnalistik Online.
(Agina Puspanurani/ 1210405004/ Jurnalistik VI-A)



[1] Asep Syamsul M. Romli, 2012, Jurnalistik Online , Bandung : NUANSA CENDEKIA. (h. 21)





Related Post



Posting Komentar